DUNIA MAYAKU

PENDAHULUAN

Komunikasi merupakan salah satu kebutuhan utama manusia sebagai mahluk sosial. Teknologi Informasi (TI) merupakan salah satu sistem komunikasi yang diciptakan manusia untuk memecahkan hambatan jarak dan waktu. Dengan keunggulan yang dimilikinya, TI dapat berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Internet merupakan salah kumpulan komputer di seluruh dunia yang dihubungkan secara elektronik melalui jaringan komputer, kabel fiber optic dan jaringan lainnya untuk saling berbagi dan bertukar informasi. Internet dapat mengatasi hambatan jarak dan waktu dalam memperoleh bermacam-macam informasi.

World Wide Web (WWW) adalah bagian dari layanan internet yang dapat mempresentasikan informasi melalui teks, gambar, suara dan video serta dokumen lain yang terkait melalui hypertext (Kasowitz. 2000). Web merupakan sumber informasi yang sangat luas dan belum tentu akurat, karena semua orang, organisasi, maupun pemerintah dapat menyimpan dan menyebarkan informasi melalui web. Dalam mengoperasionalisasikan dan memanfaatkan layanan internet ini secara umum Anda perlu menguasai keterampilan dan pengetahuan tentang a) terminologi khusus dalam dunia komputer, b) operasionalisasi bermacam-macam perangkat keras dan lunak, c) pemahaman program aplikasi komputer, dan d) pemahaman informasi (information literacy) yang meliputi pengetahuan kapan suatu informasi diperlukan, bagaimana menemukan, mengevaluasi dan menggunakan informasi yang diperlukan tersebut.

Berbekal keterampilan dan pengetahuan tersebut Anda dapat mulai berselancar di dunia maya. Namun demikian, masih diperlukan juga keterampilan-keterampilan khusus terutama untuk mencari informasi yang Anda perlukan dalam kegiatan belajar dan memanfaatkannya dengan tepat. Misalnya Anda mencari informasi di internet dalam rangka menyelesaikan tugas, maka langkah apa yang harus Anda lakukan?

Terdapat lima langkah yang harus dilakukan dalam pemanfaatan teknologi informasi ini, yaitu:

· Mendefinisikan tugas

· Mencari Lokasi

· Menggunakan informasi

· Mensintesis informasi

· Refleksi

Hubungan antara kelima langkah tersebut dapat digambarkan sebagai berikut.

clip_image001

Rincian lebih lanjut dari langkah-langkah tersebut dapat Anda pelajari pada booklet ini. Uraian setiap langkah disertai contoh akan mempermudah Anda menerapkannya dalam memanfaatkan TI. Sebelum mempelajari tentang kelima langkah tersebut, Anda akan memperoleh penjelasan awal tentang mencari informasi melalui internet ini.

Booklet ini ditujukan bagi mahasiswa agar dapat memiliki kemampuan dalam mencari informasi untuk mengerjakan tugas-tugas kuliahnya melalui tahapan mendefinisikan tugas, mencari lokasi secara efektif dan efisien, mengevaluasi dan menggunakan informasi serta sumbernya secara kritis, mensintesis sejumlah informasi terpilih sebagai dasar pengetahuan dan melakukan refleksi terhadap kegiatan pemanfaatan informasi secara efektif untuk mencapai tujuan.

MENCARI INFORMASI

Strategi yang dilakukan dalam mencari informasi didasarkan pada pertanyaan kunci berikut:

  • Sumber mana yang memungkinkan?
  • Sumber mana yang terbaik?

Dengan pertanyaan-pertanyaan ini Anda dapat mempertimbangkan keluasan berbagai sumber yang memungkinkan lalu mengidentifikasi sumber yang paling baik dan memungkinkan untuk digunakan.

Ada beberapa search engine yang dapat digunakan dalam mencari informasi, di antaranya:

http://www.google.com http://www.yahoo.com http://www.altavista.com, http://www. lycos.com

http://www.excite.com

Tampilannya dapat Anda lihat pada gambar berikut.

clip_image003

clip_image006

clip_image008

clip_image010

Melalui search engine biasanya kita akan menemukan banyak informasi, misalnya informasi tentang kesehatan, olah raga, geografis, perjalanan dan lain-lain dalam bentuk narasi (tekstual), audio visual, gambar (image), animasi, dan simulasi.

clip_image012

clip_image014

clip_image016

clip_image018

clip_image020Contoh informasi berbentuk narasi:

clip_image022clip_image023clip_image024Contoh informasi berbentuk gambar (images/photo)

clip_image026Contoh informasi berbentuk audio/video

Demikian penjelasan sekilas tentang jenis dan bentuk informasi yang dapat Anda peroleh pada saat mencari informasi melalui internet. Selanjutnya akan dibahas tentang langkah-langkah yang sebaiknya Anda lakukan dalam rangka mengerjakan tugas perkuliahan.
MENDEFINISIKAN TUGAS

Jika Anda memperoleh tugas dari dosen, Anda perlu melakukan pembatasan tugas. Pertanyaan kunci bagi pembelajar untuk mendefinisikan tugas ini adalah apa tugas yang diberikan dosen?

Anda harus memahami tugas atau pertanyaan yang diberikan dosen terlebih dulu, coba renungkan dan kaji ulang apa sesungguhnya tugas Anda? Apakah mengkaji suatu teori? Memberi contoh konsep? Membuat rangkuman? Atau mencari sumber-sumber informasi pendukung tentang topik tugas Anda. Jika topik yang ditugaskan masih terlalu luas maka sebaiknya topik tersebut difokuskan, sebaliknya bila topik yang dimiliki terlalu sempit maka sebaiknya topik tersebut diperluas. Selanjutnya rumuskanlah pertanyaan-pertanyaan kunci yang akan memandu pencarian informasi.

Dengan topik tugas yang dimiliki, Anda diharapkan mengidentifikasi sumber informasi yang diperlukan, misalnya internet, perpustakaan, media surat kabar atau yang lainnya.

clip_image028 Contoh:

Ucu mahasiswa tingkat III Program Studi Analisis Lingkungan mendapat tugas untuk membuat makalah tentang Pengaruh Bahan Kimia terhadap Tubuh Manusia.

Langkah apa yang sebaiknya Ucu lakukan?

merenung dan mengkaji tugas yang telah diberikan dosen, yaitu membuat makalah yang terdiri dari 10 -15 halaman tentang Pengaruh Bahan Kimia terhadap Tubuh Manusia.

mempersempit topik tugas dengan cara memfokuskan bahan kimia pada salah satu jenis bahan kimia, misalnya narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba).

membuat peta konsep tentang pengaruh narkoba terhadap tubuh manusia.

Membuat daftar pertanyaan dari yang luas (makro) hingga detail sesuai dengan topik, misalnya:

Apa definisi dari narkoba?

Apa macam-macam narkoba?

Apa yang dimaksud dengan putus obat?

Apa gejala kecanduan (putus obat) narkoba?

Bagaimana mengatasi kecanduan narkoba?

Apa efek tiap jenis narkoba (ganja, opiat, kokain, alkohol, amphetamine, hipnotika) terhadap proses fisiologis tubuh manusia?

dan lain-lain

Menyusun garis besar makalah yang berjudul Pengaruh Narkoba Terhadap Manusia dan Penanggulangannya.

6. Untuk lebih yakin dengan pekerjaannya, kemudian Ucu mengkonsultasikan judul dan garis besar makalah pada dosen melalui e-mail.

Bagaimana cara Ucu berkonsultasi dengan dosennya?

Bantuan internet dapat dimanfaatkan Ucu untuk berinteraksi dengan dosen atau pakar lain melalui diskusi e-group atau e-mail serta melakukan browsing untuk memperoleh ide yang berkaitan dengan tugasnya.

Bagaimana Anda dapat berinteraksi dengan dosen melalui

e-mail?

1. Anda harus mempunyai e-mail account. E-mail account ini dapat dimiliki setelah Anda mengisi formulir pendaftaran yang disediakan server tertentu atau server yang dimiliki perguruan tinggi Anda.

2. Mengetahui langkah-langkah berkomunikasi melalui e-mail.

Bagaimana caranya?

Klik menu start dari komputer Anda

Klik browser dari website (seperti Netscape Navigator, Microsoft Internet Explorer, atau Opera)

Ketikkan alamat website (URL) yang Anda tuju pada kotak yang disediakan.

Daftar alamat website yang dapat Anda peroleh diantaranya adalah:

www.yahoo.com www.altavista.com http://www.mail.ut.ac.id

misalkan Anda mengetikan http://www.yahoo.com

Lalu klik sign in , maka akan muncul layar seperti berikut.

clip_image030

Ketikkan ID pada kotak ID dan dan password Anda pada kotak password, lalu klik Sign In. Maka dalam beberapa saat akan muncul layar dengan menu seperti berikut.

clip_image032

Menu apa yang biasa digunakan dalam berinteraksi via

e-mail dan apa artinya?

a. check mail yaitu untuk memeriksa email yang masuk pada waktu itu

compose yaitu untuk menulis surat

search mail yaitu untuk mencari e-mail yang sudah masuk

inbox yaitu kotak surat untuk memperlihatkan jumlah surat yang Anda miliki daftar surat pada halaman sebelumnya. Surat-surat yang belum Anda baca biasanya tercetak dengan huruf tebal.

sent yaitu untuk memeriksa email yang sudah terkirim

trash yaitu untuk membuang surat yang sudah tidak terpakai

namun bila diperlukan Anda masih bisa membukanya.

Silakan Anda pun mencoba untuk memiliki e-mail account dari server yang lain.

Karena Ucu akan berkirim e-mail pada dosennya tentang garis besar makalah yang akan dia buat maka,

· Ucu mengklik compose lalu menulis pesan seperti

terlihat pada gambar berikut.

clip_image034

·

lalu klik send.

1. Apa yang Anda lakukan bila Anda mengirimkan

pesan dengan menyertakan lampiran?

Klik tombol compose bila Anda akan mengirimkan surat Anda.

Ketikkan pesan Anda pada kotak pesan .

setelah Anda menuliskan pesan pada kotak pesan, Anda klik attach file untuk memilih file yang akan Anda lampirkan.

klik browse seperti yang terlihat pada gambar.

clip_image036

lalu pilih file yang akan dilampirkan dan klik open seperti terlihat pada gambar berikut.

clip_image038

Pada attach file kini tertulis file yang akan dilampirkan

clip_image040

Kirimkan pesan yang sudah dilampiri informasi (tertulis dan terlihat simbol attachments) dengan mengklik send.

clip_image042

2. Setelah mengirimkan e-mail tentang garis besar makalah yang akan dibuatnya, beberapa saat kemudian Ucu melakukan check mail terhadap e-mail yang masuk. Maka tampilan layar adalah seperti berikut.

clip_image044

Karena dosennya telah menyetujui topik dan garis besar makalah yang diusulkan, kemudian Ucu mengidentifikasi sumber informasi yang diperlukan agar dia lebih akrab dengan topik tersebut di antaranya melalui:

§ Majalah dan surat kabar yang memberitakan kasus narkoba

yang menimpa kalangan selebritis, anak pejabat ataupun

anggota masyarakat biasa.

§ Buku teks yang membahas narkoba atau naza (narkotika,

alkohol, dan zat adiktif) atau napza (narkotika, psikotropika,

zat adiktif) yang dapat diperoleh dari perpustakaan

universitas, fakultas atau pun perpustakaan umum.

§ Internet yang memuat banyak informasi tentang narkoba ditinjau dari berbagai aspek: sosial, kesehatan, ekonomi dan lain-lain.

Karena melalui internet, Ucu dapat memperoleh informasi secara cepat dan dapat mengatasi jarak, maka langkah berikut yang dapat dilakukan Ucu adalah mencari lokasi informasi dan mengaksesnya di internet, sebagaimana dijelaskan pada bab berikut ini.

MENCARI LOKASI

Pertanyaan kunci untuk mencari lokasi adalah dimana lokasi nformasi itu berada?

Dengan pertanyaan ini Anda akan mengetahui bagaimana mengakses informasi secara efektif dan efisien, membuat dan melakukan strategi penelusuran yang telah dirancang, memperbaiki strategi penelusuran jika diperlukan, dan mengetahui dengan tepat dimana lokasi untuk mendapatkan informasi yang sesuai. Layanan internet yang dapat dimanfaatkan untuk mencari informasi diantaranya melakukan penjelajahan (browsing), referensi elektronik (ensiklopedi, kamus), e-mail dan diskusi dengan pakar.

clip_image046

Contoh

Ucu akan mencari dimana lokasi informasi tentang narkoba itu berada, tapi dia tidak tahu website mana yang dapat membantunya dalam memperoleh informasi tersebut. Maka dengan bantuan internet dia akan melakukan searching atau browsing (penjelajahan) dengan menggunakan search engine untuk memperoleh informasi berupa teori, argumentasi, review atau kajian, laporan penelitian, dan gambar.

Di mana Ucu dapat memperoleh lokasi?

Seperti sudah dijelaskan pada awal booklwt, ada beberapa search engine yang dapat digunakan Ucu dalam mencari lokasi, di antaranya

http://www.google.com http://www.yahoo.com http://www.altavista.com, http://www. lycos.com

http://www.excite.com http://www.infoseek.com

Langkah apa saja yang dapat Anda lakukan dalam melakukan penjelajahan?

· ketikkan alamat website yang Anda tuju pada kotak Address:

misal address: http://www.google.com .

Maka Anda akan menemukan beberapa menu navigasi yang dapat membantu Anda dalam mencari informasi:

Rewind yaitu navigator yang akan membawa Anda kembali pada beberapa

halaman sebelumnya

Back yaitu navigator yang akan membawa Anda kembali pada satu halaman sebelumnya

Forward yaitu navigator yang akan membawa Anda satu halaman ke depan

Next yaitu navigator yang akan membawa Anda pada beberapa halamn ke depan

Home yaitu navigator yang akan mengembalikan Anda pada halaman pertama

· Bila informasi yang akan Anda cari belum ada pada halaman ini, maka ketikkan kata kunci dari topik tugas yang akan Anda cari pada kotak Search the Web, misalkan narkoba. Lalu klik go.

· Tunggu beberapa saat, maka Anda akan memperoleh list of result. Pada setiap nomornya Anda dapat membaca judul, ringkasan dan alamat informasi tersebut. Tampilan pada layar Anda seperti berikut.

clip_image047clip_image049

  1. Dengan membaca konsep-konsep kunci, Anda dapat menduga informasi mana yang sesuai dengan tugas/informasi yang sedang Anda cari. Informasi yang ditulis berwarna (merah, ungu atau biru) dan bila kita letakkan kusor pada tulisan tersebut akan muncul gambar tangan kecil, berarti informasi tersebut dihubungkan dengan informasi yang lain. Tulisan yang berwarna ungu menunjukkan bahwa informasi tersebut sudah dibuka sebelumnya. Misalkan Anda klik www.narkoba-metro.org, maka Anda akan peroleh gambar berikut pada layar.

clip_image051

atau Anda klik informasi lain (ditunjukkan dengan warna lebih gelap), maka Anda akan memperoleh informasi seperti tampak pada layar. Untuk dapat membaca keseluruhan informasi Anda dapat men scroll up dan down.

clip_image052

clip_image054clip_image056
Setelah melakukan penjelajahan tentang “narkoba” dengan menggunakan bermacam-macam search engine, Ucu memperoleh hasil sebagai berikut.

No

search engine

Hasil sitasi

Keterangan

1

www.excite.com

65

Tercantum focus/refine result

2

www. lycos.com

7.302

Tercantum tanggal

3

http://www.altavista.com

41.300

Tercantum focus result

4

http://www.google.com

31.000

Kadang-kadang tercantum tanggal

5

www.yahoo.com

40.200

Kadang-kadang tercantum tanggal

Adapun lokasi informasi narkoba yang diperoleh dari penjelajahan internet diantaranya:

Aspek

Alamat Situs

Informasi yang disampaikan

Kesehatan

http://indonesian.arts.monash.edu.au/bimasakti/Bimasakti5/dianne-baru.htm

Narkoba menjadi ancaman serius

 

http://www2.dw-world.de/indonesia/wissenschaft/1.98318.1.html

Jejak kecanduan dalam otak

 

http://www.kapanlagi.com/a/0000000010.html

Efek ketergantungan narkoba

 

http://www.pelita-ilmu.or.id/htmldoc/aids_narkoba.php

Informasi dasar narkotika dan psikotropika

 

http://www.rnw.nl/ranesi/html/narkoba_legal.htclip_image057

Narkoba legal

 

http://www.pelita-ilmu.or.id/htmldoc/narkoba.htm

Mengenal lebih jauh tentang narkoba

Sosial

http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2004/09/06/brk,20040906-18,id.html

Berita tentang kenakalan remaja akibat narkoba

 

http://www.ikapi.or.id/portal/template/DetilLacak/id/880

Penyalahgunaan narkoba

 

http://www.glorianet.org/berita/b4469.html

Pendekatan kognitif penanganan narkoba

 

http://www.smansa-bali.net/smansa-info/detail/19.html

Narkoba serta dampaknya

 

http://www.pemkot-malang.go.id/ data/artikel_2003_01_7_2113.html – 16k

Simulasi pencehgahan narkoba

clip_image058Bila Anda ingin memperoleh informasi berupa jurnal, maka Anda dapat mengetikan jurnal narkoba pada kolom search seperti terlihat pada gambar berikut.

clip_image060

clip_image062Bila Anda klik salah satu jurnal yang terdapat pada web, maka Anda akan melihat jurnal seperti berikut.

clip_image064

Selain itu, Anda dapat memperoleh informasi di internet dengan berpartisipasi melalui diskusi e-group.

Apa yang harus Ucu lakukan untuk menjadi anggota kelompok

diskusi e-group?

Ucu harus mencari kelompok diskusi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Langkah apa yang dapat Ucu lakukan?

  1. Bukalah, misalkan http://www.yahoo.com
  2. Klik groups, maka akan muncul layar seperti dibawah ini.

clip_image066

  1. Cobalah Anda ketikan topik, misalkan “narkoba”, lalu klik search.

Dari pencarian kelompok diskusi (milis) tentang narkoba diperoleh 24 kelompok yang mencantumkan kata “narkoba” pada karakteristik kelompoknya. Adapun daftar kelompok narkoba adalah sebagai berikut.

No

Nama kelompok

Jumlah

anggota

Informasi

1

K1TH03393

< 5

Milis untuk memperingati hari Madat PEKAN (Pemuda Kreatif Anti Narkoba )

2

jangkar

 

Forum untuk berkomunikasi antar anggota JANGKAR (Jaringan Aksi Nasional Pengurangan Dampak Narkoba). Jangkar merupakan jaringan untuk mencegah penularan HIV/AIDS pada kelompok pengguna narkoba terutama yang menggunakan jarum suntik.

3

narkobaseksbebas

 

situsnya pengguna narkoba dan ajang seks bebas khusus tukar informasi narkoba, gambar seks

4

Javanoonline

108

Milist tentang pengobatan tradisional termasuk narkoba

5

Up2n.ugm

6

Milis unit pencegahan penyalahgunaan narkoba UGM

6

Ajangcurhat

25

Milis tempat bertukar cerita tentang dirinya sendiri, teman, orang tua, , keluarga atau menyelesaikan masalah tanpa narkoba

7

Aids-ina

474

Ruang diskusi tentang topic yang berkaitan dengan HIV/AIDS, infeksi menular seks, penggunaan narkoba, dll.

8

Bendi41

93

Milis yang tidak memperkenankan bertukar informasi tentang narkoba

9

berantasnarkoba

6

Milis yang mendiskusikan tentang cara membantu teman-teman dari kecanduan narkoba

10

Biropers

24

Milis polda metro jaya yang menampung keluhan masyarakat polisi dan masyarakat umum lainnya

11

Pbio-ufo

24

Milis milik yayasan social untuk membantu yatim piatu, tuna wisma, korban narkoba dll

12

Malam renungan ids nusantara

15

Milist masyarakat tangerang yang peduli Aids dan narkoba

13

Kespro remaja medan

15

Wadah sharing masalah kesehatan reproduksi, narkoba dan HIV/aids

14

Jamboree

52

Media pertukaran info antar peserta jambore nasional 1 pemuda anti narkoba

15

Andy.vgc

7

Milis untuk menyebarkan info HIV/aids , IMS, dan narkoba dengan target waria, lesbian, gay, biseksual

16

Mirasantika

15

Ajang diskusi tentang narkotika

17

JHARS

6

Memberikan info layanan yang berkaitan dengan narkoba

18

Geramol

7

Gerakan anak manis yang tidak mengkonsumsi narkoba, tidak menderita HIV/AIDS, tidak melakukan free seks,

19

Gan id2004

5

Milis miliki pusat rehabilitasi korban narkoba di Jl. Semeru 120 A Bogor

20

Cbr.jklpk

6

Milis milik panti rehabilitasi aids dan narkoba

21

No4drugs

5

Jaringan mahasiswa peduli narkoba dan aids

22

Kupang ghaul

<5

Ruang diskusi pemuda kupang tentang anrkoba, aids, kesehatan

23

Abu toto

72

Milis tentang santri antinarkoba yang mendaftar di Pesantren Aljaytun

24

Lapami

Subulusalam

62

Sanggar teraphi dan bengkel spiritual

clip_image067Kemudian Ucu memilih menjadi anggota milis “berantasnarkoba” karena milis ini merupakan ajang diskusi untuk membantu orang-orang yang terjerat narkoba.

clip_image069clip_image070Lalu Anda Klik join this group yang ada di sudut atas kanan maka akan muncul seperti gambar berikut ini.

clip_image073
  1. Setelah Anda klik join untuk bergabung dengan group berantasnarkoba, Anda akan memperoleh informasi sebagai berikut.

clip_image075

Bila Ucu ingin memperoleh gambar tentang narkoba, maka apa yang sebaiknya dia lakukan?

Ketikkan kata narkoba kolom search images

clip_image076

clip_image077

Pilih gambar yang Anda perlukan, misalnya:

clip_image079

clip_image081

clip_image082

Demikian uraian tentang mencari lokasi dengan melakukan browsing di internet. Selanjutnya akan kita uraikan langkah berikutnya tentang menggunakan informasi hasil browsing.
MENGGUNAKAN INFORMASI

Pertanyaan kunci untuk memilih informasi adalah:

· Cara terbaik apa yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan sumber informasi yang ada?

Hal ini tergantung dari sumber informasi itu sendiri, ada yang dapat dengan membacanya, mengamatinya atau dengan mendengarkannya.

· Bagaimana setiap informasi itu dapat bermanfaat?

Agar informasi yang telah Anda peroleh dapat digunakan dan bermanfaat, maka Anda sebaiknya (1) mengutip, mencatat dan mengelola informasi dan sumber-sumbernya, (2) mengevaluasi informasi dan sumber-sumbernya secara kritis karena tidak semua informasi yang ada di dalam web terjaga keasliannya (authenticity), benar (valid), dan dapat dipercaya (reliabel).

Untuk keperluan ini kita dapat melakukan cut dan paste informasi dari internet ke program lain, melakukan download serta mencatat sumber informasi tersebut, mendecompress informasi yang sudah dipadatkan, memprint sumber informasi. Bila Anda belum puas dengan informasi yang Anda miliki, Anda dapat memilih informasi lain.

Contoh

clip_image084Ucu ingin menggunakan informasi yang terdapat dalam salah satu situs sebagai salah satu sumber dari makalahnya.

Langkah apa saja yang dapat Ucu lakukan untuk menggunakan informasi yang sudah dia peroleh?

1. Membaca dan mengevaluasi informasi (Ketzer, Cook,

and Crouch. 1982)

· Bacalah secara sekilas garis besar informasi yang Anda peroleh.

Buatlah pertanyaan yang bermanfaat untuk makalah Anda terkait dengan informasi tersebut.

Baca kembali informasi tersebut dan jawablah setiap pertanyaan yang telah Anda buat

Kaitkan informasi yang Anda baca dengan pengetahuan Anda sebelumnya.

Cocokkan informasi-informasi sudah Anda peroleh.

Susunlah informasi yang sudah diperoleh

Karena informasi yang akan Ucu gunakan bersumber dari internet, maka dia pun harus mempertimbangkan hal-hal berikut (Hollands. 1999):

clip_image086

nama dari organisasi yang membentuk alamat website (URL). Apakah itu berasal dari suatu organisasi, pemerintah, perusahaan, atau individual. Bila informasi itu dipostingkan oleh individual maka telusuri informasi tentang latar belakang dari individu itu dan kualifikasinya karena hal ini mempengaruhi validitas informasi.

tanggal dipostingkannya informasi tersebut. Semakin baru informasi itu dipostingkan maka semakin baik informasi tersebut, meskipun tidak semua informasi harus di up date. Misal karya Shakespeare tidak perlu dimutakhirkan, namun ulasan dan kajian tentang Shakespeare harus dimutakhirkan.

Sistematika penyampaian informasi secara keseluruhan.

Kebenaran informasi-informasi yang Anda peroleh dari internet dibandingkan dengan buku teks/informasi lainnya.

Bila informasi tersebut saling menguatkan dan berasal dari sumber/penulis yang dapat dipercaya maka ekstrak/kutip/parafrase informasi tersebut. Jangan lupa cantumkan sumber informasinya.

Contoh:

Artikel dengan judul Informasi Dasar Narkotika dan Psikotropika dipostingkan Yayasan Pelita Ilmu pada tanggal 23 September 2003 pada situs http://www.pelita-ilmu.or.id/html.doc/aids_ narkoba.php dapat digunakan sebagai salah satu sumber informasi karena memenuhi kriteria informasi yang baik.

Artikel dengan judul Kenakalan Remaja Dapat Dicegah Dengan Psichotronika dipostingkan pada http://www.arbi74.tripod.com tanpa tanggal dan riwayat penulis, serta artikel tidak dapat memenuhi/menjawab pertanyaan yang disusun Ucu sehingga disimpulkan sebagai sumber informasi yang tidak dapat Ucu gunakan dalam membuat makalahnya.

Di dalam langkah menggunakan informasi, Ucu seringkali harus melakukan download informasi, compress atau mendecompress file, memindahkan informasi (file) atau memilih informasi lain.

· Download suatu informasi

Bagaimana caranya?

o Klik informasi yang Anda pilih,

o bila muncul kata download maka Anda klik kata itu akan muncul layar seperti berikut.

o Klik save as pada disket atau hard disk Anda, lalu tulis nama filenya.

· Compress dan decompress informasi

Bagaimana langkah-langkah untuk melakukan compress suatu file?

clip_image087Klik mouse kanan pada file yang belum dicompress, lalu pilih sent to compressed (zipped).

clip_image089

clip_image091clip_image092Sekarang file Anda sudah di compress dapat terlihat dari nama file yang tampak dihadapan Anda, yaitu misal pedoman mengurangi dampak narkoba.zip

clip_image047[1]clip_image094

Bagaimana langkah-langkah untuk melakukan decompress suatu file?

Klik mouse kanan pada file yang berextension zip.

Pilih extract all, lalu klik next.

Pilih folder mana yang akan menyimpan file tersebut, lalu next dan bila sudah selesai Anda klik finish.

clip_image096

clip_image097

clip_image099

· Memindahkan informasi

Bagaimana caranya?

2. Bila informasi yang akan Anda peroleh terdiri dari banyak halaman, maka blok informasi penting saja yang akan Anda gunakan dalam menyusun makalah, lalu klik menu edit pilih copy

3. sambil tetap membuka internet Anda klik start, klik program, klik MS word, klik file, pilih new file.

4. Di hadapan Anda terlihat layar kosong, klik menu, lalu

klik paste.

5. Di hadapan Anda terbaca informasi yang telah Anda pilih dari internet. Jangan lupa cantumkan sumber informasinya. Simpan informasi tersebut dengan mengklik file, klik save as, lalu beri nama file tersebut misalkan info 1.

6. Anda sudah berhasil memindahkan satu informasi dari internet. Lalu Anda kembali lagi ke list of result yang ada di internet.

· Bila Anda belum puas dengan informasi yang Anda miliki. Maka sebaiknya Anda melakukan pemilihan informasi lain.

Bagaimana caranya?

7. Anda kembali membaca dan memilih informasi-informasi lain yang sesuai dengan yang Anda cari. Bila Anda menemukan informasi lain yang sesuai maka pindahkan informasi tersebut ke program MS Word seperti langkah nomor 3.

8. Atau Anda pilih search engine lain, lalu lakukan penjelajahan. Bila Anda sudah menemukan informasi yang sesuai maka lanjutkan dengan pemindahan informasi.

Demikian uraian tentang menggunakan informasi hasil browsing di internet. Selanjutnya akan kita uraikan tentang mensintesis informasi yang diperoleh dari internet.

MENSINTESIS INFORMASI

Pertanyaan kunci untuk mensintesa informasi adalah:

· Bagaimana semua informasi yang sudah diperoleh dapat diorganisasikan dengan baik?

· Bagaimana informasi itu akan disajikan dalam bentuk makalah atau projek?

Dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut siswa akan (1) mensintesis atau menyatukan ide-ide utama untuk membentuk konsep baru, (2) membandingkan pengetahuan baru dengan yang sudah ada untuk menentukan nilai tambah atau kontradiksi.

clip_image101

Contoh

Bila Ucu mempunyai informasi yang bertentangan, dia harus menyajikan informasi tersebut dalam makalahnya.

Langkah apa saja yang sebaiknya Ucu lakukan?

Jika Ucu akan menyajikan makalah argumentatif maka langkah berikut merupakan salah satu alternatif yang dapat ditempuh:

  1. Nyatakanlah masalah yang akan dipecahkan
  2. Sampaikan opini tentang pemecahan masalah
  3. Tunjukkan bukti-bukti yang mendukung opini tersebut
  4. Sampaikan pendapat lain yang tidak mendukung opini tersebut
  5. Sampaikan kelemahan-kelemahan dari pendapat yang bertentangan tersebut.
  6. Kemudian buatlah kesimpulan berdasarkan bukti-bukti tersebut.

clip_image102 Contoh

Bila Ucu memiliki beberapa informasi berdasarkan literatur yang berbeda. Bagaimana dia menyampaikan informasi- informasi tersebut dan pendapatnya sendiri?

Langkah apa yang sebaiknya dia lakukan?

Langkah yang dapat dilakukan bila Anda memiliki permasalahan seperti yang terjadi pada Ucu adalah

Sampaikan pendapat pertama sertakan sumber dari mana pendapat tersebut Anda ambil.

Kelompokan pendapat-pendapat yang sama sertakan sumber-sumbernya dari mana pendapat itu Anda peroleh.

Sampaikan pendapat-pendapat lain sertakan sumber dari mana pendapat tersebut Anda peroleh.

Sampaikan pendapat Anda, lalu tuliskan sumber mana yang Anda rujuk.

Contoh:

Menurut Witters (1983) alasan penyalahgunaan penggunaan narkoba adalah rasa senang yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi narkoba, dapat mengurangi stress, adanya dorongan yang kuat dari teman sebaya, serta adanya media yang memprogramkan bahwa narkoba merupakan bagian dari teknologi yang dapat membantu kehidupan manusia lebih baik. Alasan penyalahgunaan narkoba menurut Hawari (2001) ada tiga faktor yang saling berinteraksi, yaitu faktor predisposisi seperti gangguan kepribadian (antisosial) dan gangguan kejiwaan (depresi, kecemasan), faktor kontribusi seperti hubungan interpersonal dalam keluarga yang tidak baik, serta faktor pencetus seperti pengaruh teman sebaya, dan mudahnya narkoba diperoleh. Menurut Harrison (2001) alasan penyalahgunaan narkoba adalah adanya perubahan struktur sosial, ketersediaan narkoba, rasa ingin tahu, ingin diterima di khalayak ramai, depresi, bosan, dan sakit.

Jadi alasan penyalahgunaan narkoba pada dasarnya bukan hanya karena faktor internal (kepribadian) si pelaku tetapi juga karena faktor eksternal (lingkungan) dimana yang bersangkutan hidup dan bersosialisasi.

Demikian uraian tentang mensintesis informasi yang diperoleh dari internet. Selanjutnya akan kita uraikan bagian terakhir dari buku ini yaitu kegiatan refleksi untuk mengetahui sudah atau belum sempurnanya tugas itu diselesaikan.

REFLEKSI

Setelah Anda menempuh lima langkah sebaiknya Anda mengkaji ulang informasi yang telah Anda peroleh dan langkah-langkah yang telah Anda lakukan dalam bentuk refleksi. Pertanyaan kunci dalam refleksi adalah

§ Apakah tugas Anda sudah sempurna?

§ Apakah Anda puas dengan hasil yang sudah Anda peroleh?

§ Apakah informasi yang diperoleh sudah menjawab pertanyaan dalam tugas?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda harus mengkaji produk akhir yang telah dibuat atau memeriksa kebenaran pemahaman dan interpretasi informasi. Layanan internet yang dapat dimanfaatkan dalam refleksi diantaranya adalah menggunakan e-mail dan bulletin board pada halaman web untuk membicarakan tugas dan informasi lainnya kemudian mempublikasikannya.

clip_image104Contoh

Ucu sudah membuat makalah tentang Pengaruh Narkotika dan Obat-obatan Berbahaya terhadap Tubuh Manusia. Sebelum dia serahkan pada dosennya dia ingin merefleksikan tugasnya apakah sudah sesuai atau belum.

Langkah apa yang sebaiknya Ucu lakukan?

Untuk mengkaji ulang, periksalah apakah informasi yang disajikan:

· sudah mendukung pernyataan?

· sudah mendukung argumentasi?

· sudah meyakinkan posisi dalam mengajukan pendapat?

Pada akhirnya Ucu merasa puas dengan tugas yang telah diselesaikannya. Tugas makalah tersebut selanjutnya dapat dipublikasikan melalui internet. Bila Anda ingin mempublikasikan makalah melalui internet, apa yang Anda lakukan?

o clip_image105Ketikkan free publication pada salah satu search engine yang sudah Anda pilih.

o clip_image107
clip_image108Pilih salah satu informasi

clip_image110

o Bacalah aturan yang ditawarkan pada website yang sudah Anda pilih, seperti:

§ Anda adalah penulis atau yang bertanggung jawab terhadap artikel yang Anda kirimkan

§ Nama penulis harus dicantumkan di baris paling bawah dan tidak lebih dari 8 baris.

§ Artikel harus diformat dalam bentuk plain text, dimana tiap barisnya antara 60-65 karakter termasuk spasi.

§ Tidak menyertakan iklan pada saat mengirim artikel,

§ Mengirimkan artikel/makalah ke alamat website.

o Setelah Anda kirimkan makalah Anda, tunggu informasi selanjutnya

Demikianlah, sudah kita sajikan panduan bagi Anda pembelajar atau mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi informasi khususnya internet.

Selamat mencoba.

SENARAI ISTILAH

Browsing: pencarian informasi di internet dengan menggunakan bantuan fasilitas dari search engine

Compressed: pemadatan file sehingga mempunyai ukuran/kapasitas/memori yang lebih kecil.

Download: menyalin file dari computer server web (internet) ke computer kita.

Decompressed:pengembalian kapasitas/memori suatu file dari kecil kepada ukuran file semula.

E-mail : electronic mail. Salah satu fasilitas internet untuk berkomunikasi secara elektronik.

E-group : electronic grup. Salah satu fasilitas internet untuk melakukan diskusi, bertanya, menyampaikan gagasan secara langsung kepada sekelompok pemakai dalam bidang tertentu.

File : dokumen (informasi)

Hardware: perangkat keras, berupa segala macam komponen lektronik yang terkait dengan komputer

HTTP: HyperText Transfer Protocol, sebuah protokol internet yang digunakan oleh WWW (Web) dan memungkinkan klien (browser) Web menampilkan informasi hypermedia (teks, gambar, suara, bahkan video) dari server Web.

HTML: Hypertxt Markup Language, suatu bahasa komputer yang digunakan untuk menuliskan dokumen-dokumen yang akan ditampilkan melalui internet (Web).

ID : identitas dari pemakai computer/internet

Mailing list: daftar anggota kelompok diskusi elektronik

Password: Software: perangkat lunak yang berupa program komputer

Search engine: mesin pencari informasi

Scroll up:tampilan layar secara otomatis bergerak ke atas

Scroll down: tampilan layer secara otomatis bergerak ke bawah

TI: Teknologi Informasi, teknologi komputer hardware/software, telekomunikasi, dan peralatan elektronik digital yang digunakan untuk memproses dan mentransfer data.

Up date: informasi terbaru

URL: Uniform Resource Location atau Universal Resource Locator, suatu cara baku untuk merujuk alamat sumber informasi atau file di internet.

WWW: World Wide Web (atau ada yang menyingkat “Web”), suatu jaringan informasi global lewat internet yang menggunakan hiperlink untuk menghubungkan dokumen-dokumen di internet. Juga merupakan layanan (aplikasi) internet.

Daftar Pustaka

Abu An Nur, Al Ahmady. (2000). Narkoba. Jakarta : Darul Falah

Buxbaum, Shari. (2004). Perpustakaan Virtual untuk Kuliah Bisnis Sistem Jarak Jauh. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Harrison, D. (2001). Narkoba Menjadi Ancaman Serius untuk Generasi Muda dalam http://indonesian.arts.monash.edu.au/bimasakti/Bimasakti5/ dianne-baru.htm

Hawari, Dadang. (2001). Penyalahgunaan dan Ketergantungan NAZA (Narkotika, Alkohol & Zat Adiktif). Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Hollands, D. William. (1999). Teaching the Internet to Library Staff and Users. New York: Neal Schuman Publishers, Inc.

Kasowitz, Abby, S. (2000). Teaching and Learning with the Internet: A Guide to Building Information Literacy Skills. Syracuse: ERIC.

Katzer, Jeffrey, Cook, Kenneth H., and Crouch, Wayne W.(1982). Evaluating Information: A Guide for Users of Social Science Research. Philipines: Addison-Wesley Publishing Company, Inc.

Witters, Patricia J. and Witters, W. (1983). Drugs and Society: A Biological Perspective. California: Wadsworth Health Sciences.

Yayasan Pelita Ilmu. (2003). Informasi Dasar Narkoba dan Psikotropika Umum dalam http://www.pelita-ilmu.or.id/ htmldoc/aids_narkoba.php

——-, Jejak Kecanduan di dalam Otak dalam http://www2.dw-world.de/ indonesia/wissenschaft/1.98318.1.html

——, Memahami Efek Ketergantungan Narkoba dalam http://www.kapanlagi.com /a/0000000010.html

——, Narkoba Legal dalam http://www.rnw.nl/ranesi/html/narkoba_legal.ht

——, Kenal Lebih Jauh dengan Narkoba dalam http://www.pelita-ilmu.or.id /htmldoc/narkoba.htm

——, Pendekatan Kognitif Menangani Masalah Narkoba dalam http://www.glorianet.org/berita/b4469.html

——-, Kenakalan Remaja Dapat Dicegah Dengan Psichotronika dalam http://www.arbi74.tripod.com

http://www.smansa-bali.net/smansa-info/detail/19.html

http://www.pemkot-malang.go.id/ data/artikel_2003_01_7_2113.html – 16k

http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2004/09/06/brk,20040906-18,id.html

http://www.ikapi.or.id/portal/template/DetilLacak/id/880

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: